Hidup sepenuhnya dengan epilepsi

Informasi, obat-obatan, riset, opini pakar dan cerita pribadi tentang hidup sepenuhnya bersama epilepsi

Carbatrol Februari 4, 2010

Nama generik:  Extended release carbamazepine (car-ba-MAZE-i-peen)

Pengobatan untuk:  Epilepsi

Jenis epilepsi:  Partial seizures (semua jenis)

Bentuk obat: pil

Dosis:  Setelah 3-4 minggu terapi, kemungkinan dosis akan ditambah.

Informasi umum

Apa itu Carbatrol?

Carbatrol (CAR-ba-trol) adalah salah satu merek obat generik Carbamazepine. Carbatrol digunakan untuk mengontrol kejang epilepsi (epileptic seizure) dengan memblokir saluran impuls syaraf yang menuju ke otak. Carbatrol hadir dalam bentuk kapsul extended release, sirup (puyer), tablet, tablet kunyah dan tablet extended-release. Zat-zat yang terkandung dalam Carbatrol akan dilepaskan secara perlahan. Dengan demikian, obat ini dapat dikonsumsi dengan jarak/tenggang waktu yang lebih lama, biasanya 2 kali sehari.

Bagaimana aku mengkonsumsi Carbatrol?

Gunakan obat ini menurut preskripsi. Jangan mengkonsumsi obat secara berlebihan ataupun berkepanjangan tanpa nasihat dokter. Jangan merubah dosis tanpa anjuran dokter. Beritahu dokter jika anda tidak mengalami kemajuan dalam kondisi anda setelah mengkonsumsi obat.

Carbatrol berbentuk tablet extended-release biasanya dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan. Sedangkan Carbatrol dalam bentuk kapsul extended-release dapat dikonsumsi 2 kali sehari, baik dengan perut kosong ataupun setelah makan. Coba untuk mengkonsumsi obat secara teratur setiap hari.

Untuk Carbatrol dalam bentuk pil atau kapsul, telan sepenuhnya. Jangan dihancurkan, dikunyah, dipecahkan ataupun dilepaskan dari selongsong pil/kapsul. Pil/kapsul itu dibuat sedemikian rupa agar dapat membantu melepaskan zat-zat obat secara perlahan di dalam tubuh. Jika pil/kapsul dihancurkan atau dilepaskan dari selongsong pil/kapsul, zat-zat obat akan dilepaskan dengan lebih cepat. Sedangkan Carbatrol dalam bentuk obat kunyah boleh langsung ditelan, ataupun dikunyah dan dihancurkan sebelum ditelan. Carbatrol sirup harus dikocok terlebih dahulu sebelum menakar dosis. Agar lebih pasti, takar Carbatrol sirup dengan menggunakan sendok takaran atau cangkir obat. Jangan menggunakan sendok makan untuk menakar obat. Mintalah kepada apoteker anda untuk menyediakan alat takar obat jika anda tidak mempunyainya.

Pada umumnya, dokter akan memulai Carbatrol dengan dosis ringan dan secara perlahan meningkatkan jumlah dosis. Efek/kemajuan obat boleh dirasakan setelah beberapa minggu penggunaan. Lanjutkan pengobatan Carbatrol jika anda merasa baik. Jangan menghentikan penggunaan Carbatrol tanpa konsultasi dokter terlebih dahulu. Sangat penting bagi anda untuk menyelesaikan pengobatan, jika tidak seizure (kejang) boleh menjadi lebih gawat.

Bagaimana jika saya lupa minum obat?

Sebisa mungkin, konsumsi dosis obat yang terlewatkan secepatnya. Namun, jika sudah mendekati waktu untuk dosis selanjutnya, lewatkan saja dosis yang terlupakan itu. Jangan menambah dosis sendiri, kecuali atas saran dokter.

Bagaimana jika saya merasakan efek samping?

Berbagai efek samping mungkin akan dirasakan. Kebanyakan efek samping tidaklah serius dan akan hilang dengan sendirinya. Hubungi dokter anda jika masih ada pertanyaan mengenai efek samping obat. Jangan menghentikan penggunaan obat tanpa nasihat dokter. Dokter akan mendiskusikan dan merekomendasi pilihan-pilihan lainnya. Kadangkala, obat perlu terus dikonsumsi walaupun efek samping masih dapat dirasakan.

Ada beberapa efek samping yang lebih serius dan mengindikasi bahwa tubuh anda tidak dapat mentolerir efek obat itu. Segera hubungi dokter jika anda merasakan efek samping menjadi lebih serius/parah dan mengganggu kegiatan beraktivitas  anda sehari-hari.Jika anda merasakan perubahan dalam serangan, ruam yang parah, dan reaksi alergi lainnya, segera hubungi dokter anda. Carbatrol dapat menurunkan imunitas tubuh anda dalam mencegah infeksi. Hindari penderita pilek atau infeksi. Beritahukan dokter anda jika anda mulai merasa gejala-gejala infeksi seperti demam, sakit tenggorokan, bintik2 merah alergi (ruam), atau selesma karena ini dapat membahayakan jiwa anda.

Segera hubungi dokter jika anda mengalami efek samping berikut ini:

  • Reaksi alergi yang berlebihan (Severe allergic reactions)
  • Penyempitan di daerah dada (Tightness in the chest)
  • Kesulitan bernafas (Difficulty breathing)
  • Kesulitan buang air besar, faeces yang berwarna hitam ataupun berdarah (Black, tarry or bloody stools)
  • Rasa sakit pada tungkai bawah (Calf pain)
  • Pembengkakkan (Swelling or tenderness)
  • Perubahan warna pada urine, warna gelap (Change in urine output, dark urine)
  • Sakit pada dada (Chest pain)
  • Linglung  (Confusion)
  • Pingsan (Fainting)
  • Detak jantung menjadi tidak teratur (Irregular heartbeat)
  • Demam (Fever)
  • Selesma (Chills)
  • Sakit tenggorokan (Sore-throat)
  • Halusinasi (Hallucinations)
  • Nyeri otot ligamen (Joint pain)
  • Hilang nafsu makan atau kenaikan berat badan secara mendadak (Loss of appetite or sudden unusual weight gain)
  • Warna merah pada kulit, bengkak, kapalan atau pengelupasan (red,swollen, blistered or peeling skin)
  • Kepala pusing, sakit kepala, mual-mual atau muntah2 yang berketerusan (Severe or persistent dizziness, headache, nausea or vomiting)
  • Sakit perut (Stomach pain)
  • Berpikir atau mencoba untuk melakukan bunuh diri (Suicidal thoughts or actions)
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening (Swollen lymph nodes)
  • Sariawan atau mulut pecah-pecah (Ulcers or sores in the mouth)
  • Luka memar atau pendarahan (Unusual bruising or bleeding)
  • Gangguan pada penglihatan (Vision problems)
  • Kulit atau mata menguning (Yellowing of the skin or eyes)

Penyimpanan

Simpan obat ini di kemasan aslinya, tutup dengan rapat dan diluar jangkauan anak-anak. Simpan di dalam suhu ruangan, jauh dari panas dan lembab (jangan simpan di kamar mandi). Lindungi kapsul extended-release dan obat cari (sirup/puyer) dari sinar cahaya. Jangan membekukan obat cair. Buang semua obat yang sudah kadaluarsa atau tak lagi dibutuhkan. Tanya apoteker anda tentang cara membuang yang benar.

Saran untuk wanita

Carbatrol telah diketahui dapat membahayakan janin. Jika anda sedang mengandung, hubungi dokter. Anda harus membahas keuntungan dan risiko dari penggunaan Carbatrol ketika mengandung. Zat-zat dalam Carbatrol ditemukan dalam ASI,  oleh karena itu jangan menyusui bayi ketika masih dalam masa pengobatan. Risiko mengidap spina bifida akan meningkat bagi anak para ibu yang mengkonsumsi obat ini. Wanita yang sedang dalam masa pengobatan and berniat untuk mengandung harus membahas berbagai lain cara pengobatan lainnya dengan dokter sebelum masa mengandung dimulai.  KB yang bersifat hormonal  (Hormonal birth control) tidak bekerja jika anda menggunakan Carbatrol. Untuk mencegah kehamilan, gunakan cara-cara tambahan lainnya. Carbatrol boleh menyebabkan kesalahan dalam hasil tes pemeriksaan kehamilan. Konsultasikan dengan dokter anda jika mempunyai pertanyaan atau memperlukan keterangan yang lebih lanjut tentang tes kehamilan.

Informasi lainnya

Kapsul Carbatrol “Sustained-Release” dapat mengurangi platelet (clot-forming cells) dalam darah. Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan memar atau luka cedera. Beritahu dokter anda jika anda mengalami luka memar atau pendarahan yang janggal. Beritahu dokter anda jika anda mengalami susah buang air besar atau faeces yang kehitaman atau disertai pendarahan.

Kapsul Carbatrol “Sustained-Release” dapat menyebabkan kulit anda mudah terbakar di bawah terik sinar matahari. Hindari terik matahari, cahaya lampu sinar matahari, ataupun salon “tanning” sampai anda yakin akan reaksi tubuh anda terhadap kapsul Carbatrol “Sustained Release”. Gunakan sunscreen atau alat pelindung sinar matahari lainnya jika anda harus berada di luar ruangan lebih dari sekejap.

Efek samping:

Rasa pusing, kantuk, mual-mual, ruam, penglihatan kabur atau berbayang, jumlah darah yang tidak tergolong normal, mulut kering.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s