Hidup sepenuhnya dengan epilepsi

Informasi, obat-obatan, riset, opini pakar dan cerita pribadi tentang hidup sepenuhnya bersama epilepsi

Ativan Januari 21, 2010

Nama generik: Lorazepam

Treatment untuk: Epilepsi

Jenis epilepsi: sejumlah jenis seizure (kejang)

Bentuk obat: pil

Dosis: 1 mg. – 10 mg.

Informasi umum

Apa itu Ativan?

Ativan (AT-ih-van) umumnya digunakan untuk mengurangi anxiety (kegelisahan). Dokter bisa meresepkan Ativan sebagai obat tambahan untuk mengobatan sejumlah tipe seizure (kejang). Ativan adalah merek untuk obat Lorazepam (lor-A-ze-pam). Obat ini adalah bagian dari grup obat yang bernama benzodiazepines (ben-zo-di-AZE-i-peens).

Bagaimana aku mengkonsumsi Ativan?

Ativan dapat menyebabkan kebiasaan (ketergantungan). Sangat penting untuk mengkonsumsinya sesuai resep dokter. Jangan mengkonsumsi dengan dosis lebih tinggi atau jangka yang lebih panjang daripada rekomendasi dokter.

Jangan ganti dosis tanpa saran dokter. Beritahu dokter anda jika obat ini sepertinya tidak membantu kondisi anda.

Ativan biasanya dalam bentuk tablet yang ditelan. Biasanya dikonsumsi satu hingga empat kali sehari, dengan atau tanpa makanan. Disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara dan waktu yang sama setiap hari.

Tubuh mungkin akan menjadi toleran terhadap obat ini jika penggunaannya dalam jangka panjang atau dosis berlebihan, sehingga obat menjadi kurang efektif.

Obat ini harus dikonsumsi secara teratur agar menjadi efektif. Jangan melewatkan dosis bahkan jika anda merasa tak perlu. Menghentikannya secara mendadak dapat memperburuk keadaan anda dan mengakibatkan withdrawal symptoms (kegelisahan, tak bisa tidur, kesal). Dokter anda kemungkinan akan mengurangi dosis secara perlahan.

Bagaimana jika saya lupa minum obat?

Minum obat itu jika memungkinkan. Tapi jika sudah mendekati waktu untuk dosis selanjutnya, lewatkan saja dosis yang terlupakan itu. Jangan menambah dosis sendiri, kecuali jika disarankan dokter.

Bagaimana jika saya merasakan efek samping?

Berbagai efek samping mungkin timbul. Kebanyakan efek samping tidaklah serius dan akan hilang dengan sendirinya. Janganlah berhenti tanpa saran dokter.

Hubungi dokter anda. Dokter akan mendiskusikan dan merekomendasi pilihan-pilihan.

(Komentar saya: terkadang dokter di Indonesia tidak mau membantu memberikan informasi sampai ‘dipaksa’ oleh pasien. Mendapat informasi adalah hak pasien, jadi pasien harus bersikukuh untuk mendapatkan informasi.)

Beberapa efek samping lainnya lebih serius dan mengindikasi bahwa tubuh anda tidak dapat mentolerir obat itu.

Jika anda merasakan perubahan dalam serangan, ruam yang parah, dan reaksi alergi lainnya, segera hubungi dokter karena mereka mungkin dapat membahayakan jiwa anda.

Segera hubungi dokter jika efek samping ini bertambah parah atau menggangu aktifitas sehari-hari:

  • Pandangan menjadi kabur (Blurred vision)
  • Serangan menjadi tambah parah (Worsening of seizures)
  • Berjalan terseok-seok (Shuffling walk)
  • Gemetaran kecil yang terus menerus, atau tidak mampu untuk duduk tenang (Persistent, fine tremor or inability to sit still)
  • Demam (Fever)
  • Kesulitan bernafas atau menelan (Difficulty breathing or swallowing)
  • Ruam yang parah (Severe skin rash)
  • Kulit atau mata menguning (Yellowing of the skin or eyes)
  • Detak jantung menjadi tidak teratur (Irregular heartbeat)

Penyimpanan

Simpan obat ini di kemasan aslinya, tutup dengan rapat dan diluar jangkauan anak-anak. Simpan di suhu ruangan, jauhkan dari suhu tinggi dan tempat lembab (jangan simpan di kamar mandi).

Buang semua obat yang sudah kadaluarsa atau tak lagi dibutuhkan. Tanya dokter anda tentang cara membuang yang benar.

Saran untuk wanita

Tidak diketahui efek obat ini terhadap kehamilan. Wanita yang sedang mengkonsumsi obat ini dan berencana untuk hamil seharusnya mendiskusikan pilihan-pilihan pengobatan dengan dokter SEBELUM kehamilan dimulai.

Informasi lainnya

Ativan dapat mengakibatkan kantuk, pusing, atau kesulitan koordinasi. Efeknya mungkin akan bertambah jika anda mengkonsumsi alkohol atau obat tertentu.

Gunakan Ativan dengan HATI-HATI. Jangan menyetir atau melakukan tugas yang mungkin berbahaya sampai anda tahu apa efek yang anda rasakan dari obat ini. Jangan melakukan hal yang dapat membahayakan anda atau orang lain jika anda kehilangan kesadaran.

Jangan minum alkohol atau mengkonsumsi obat yang dapat menyebabkan kantuk ketika anda mengkonsumsi Ativan.

Karena Ativan berpotensi bereaksi dengan obat umum lain, berkonsultasilah dengan dokter tentang obat yang baru anda dapatkan.

Efek samping:

Tidak seimbang, perubahan perilaku, kecapean, kantuk, koordinasi yang buruk, lemah, mulut kering, perut tak nyaman, pusing.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s