Hidup sepenuhnya dengan epilepsi

Informasi, obat-obatan, riset, opini pakar dan cerita pribadi tentang hidup sepenuhnya bersama epilepsi

Sekilas tentang kejangan (seizure) Agustus 30, 2007

Filed under: Info umum — Dailyjoyfulme @ 2:12 am

Setiap orang mungkin akan pernah mengalami kejangan (seizure) dalam hidup mereka. Tapi kejangan epilepsi (epileptic seizure) berbeda. Jadi kita akan mencari tahu apakah seizure itu.

Apakah seizures?
Seizure menggambarkan suatu kejadian pendek yang terjadi secara mendadak dan mempengaruhi kesadaran (awareness) seseorang tentang posisi mereka dan apa yang sedang mereka lakukan, tingkah mereka dan perasaan mereka.
The word ‘seizure’ describes a sudden, short event where there is a change in a person’s awareness of where they are or what they are doing, their behaviour or their feelings.

Penyebab seizure – yang bukan epilepsi
Seizure bisa disebabkan berbagai hal. Kadang karena kadar gula dalam darah terlalu rendah (Hypoglycaemia), karena pingsan, atau konsidi jantung berubah. Walaupun kadang kelihatan seperti epilectic seizure, mereka bukan. (tentang non-epilectic seizure klik)
Kadang anak kecil tiba2 berhentak-hentak ketika sakit dan demam tinggi. Ini juga bukan epilepsi.

Jadi apakah kekejangan epilepsi (epileptic seizure)?
Otak terdiri dari jutaan sel saraf yang mengkontrol bagaimana kita berpikir, bergerak dan perasaan kita. Sel2 saraf bekerja dengan mengirimkan signal elektrik satu sama lain. Tapi bagi beberapa orang, signal ini tiba2 terganggu dan terjadilah seizure (kadang dipanggil fit atau attack; atau serangan). Jadi epileptic seizure selalu berawal dari otak.

Otak mengkontrol fungsi2 yang berbeda2, misalnya personalitas, perasaan, ingatan, gerakan, kesadaran, dan panca indra kita. Ini semua bisa terpengaruh jika seseorang mengalami seizure.
Dan seizure bisa sangat berbeda dari satu orang ke orang lain. Tapi seizure yang dialami seseorang, misalnya frekuensi atau lamanya setiap seizure, biasanya konstan.

Seizure sendiri bisa bermacam-macam.
Umumnya epileptic seizure terjadi secara mendadak tanpa peringatan dan hanya sebentar (beberapa detik atau menit) dan akan berhenti dengan sendirinya.

Kadang orang bisa terluka ketika mendapat seizure, tapi itu jarang terjadi. Jadi tidak perlu pergi ke dokter jika sudah dalam pengobatan dokter. Tapi sangat penting untuk mencatat detail2 setiap seizure agar bisa ditunjukan ke dokter ketika berkonsultasi setiap periode.

 

One Response to “Sekilas tentang kejangan (seizure)”

  1. anca Says:

    thanks for ur opinion, n good luck


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s