Hidup sepenuhnya dengan epilepsi

Informasi, obat-obatan, riset, opini pakar dan cerita pribadi tentang hidup sepenuhnya bersama epilepsi

Depakene Februari 4, 2010

Nama generik: Valproate

Pengobatan untuk: Epilepsi

Jenis epilepsi:  Semua jenis kejang (seizures)

Bentuk obat: pil

Dosis: 1750mg.

Informasi umum

Apa itu Depakene ?

Depakene (DEH-pah-keen) adalah salah satu merek obat generik untuk epilepsi yaitu valproic (val-PRO-ik) acid . Biasanya digunakan untuk pengobatan partial seizures atau absence seizures , sebagai obat utama ataupun sebagai obat pelengkap terapi bagi orang dewasa dan anak-anak usia 10 tahun keatas. Juga efektif untuk mengatasi sakit kejang (seizure) lainnya. Terkadang digunakan untuk mencegah migren (migrane), sakit kepala atau untuk kekacauan jiwa (mood disorder). Depakene hadir dalam bentuk kapsul gel (gelatin capsules) atau sirup (cair). Depakene tidak sesuai untuk penderita penyakit hati atau pankreas, jika anda menderita penyakit tersebut, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan dengan Depakene.

Bagaimana aku mengkonsumsi Depakene?

Gunakan obat ini menurut preskripsi. Jangan mengkonsumsi obat secara berlebihan ataupun berkepanjangan tanpa nasihat dokter. Jangan merubah dosis tanpa anjuran dokter. Beritahu dokter jikalau anda tidak mengalami kemajuan dalam kondisi anda setelah mengkonsumsi obat.

Depakene boleh dikonsumsi dengan perut kosong ataupun sehabis makan, tergantung kecenderungan anda mengalami gangguan pencernaan (upset stomach). Namun begitu cobalah untuk mengkonsumsi obat secara teratur setiap harinya. Bagi Depakene berbentuk kapsul, telan obat sepenuhnya, jangan dihancurkan, dikunyah, dipecahkan ataupun dilepaskan dari selongsong kapsul. Jika anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat sehabis makan, lakukanlah dengan teratur setiap harinya karena ini akan merubah lamanya (waktu) pencerapan obat dalam tubuh. Untuk Depakene berbentuk cair (sirup), kocok terlebih dahulu sebelum menakar dosis. Agar lebih pasti, takar Carbatrol sirup dengan menggunakan sendok takaran atau cangkir obat. Jangan menggunakan sendok makan untuk menakar obat. Mintalah kepada apoteker anda untuk menyediakan alat takar obat jika anda tidak mempunyainya.

Bagaimana jika saya lupa minum obat?

Sebisa mungkin, konsumsi dosis obat yang terlewatkan secepatnya. Namun, jika sudah mendekati waktu untuk dosis selanjutnya, lewatkan saja dosis yang terlupakan itu. Jangan menambah dosis sendiri, kecuali atas saran dokter.

Bagaimana jika saya merasakan efek samping?

Berbagai efek samping mungkin akan dirasakan. Kebanyakan efek samping tidaklah serius dan akan hilang dengan sendirinya. Hubungi dokter anda jika masih ada pertanyaan mengenai efek samping obat. Jangan menghentikan penggunaan obat tanpa nasihat dokter. Dokter akan mendiskusikan dan merekomendasi pilihan-pilihan alternatif lainnya. Kadangkala, obat perlu terus dikonsumsi walaupun efek samping masih dapat dirasakan.

Ada beberapa efek samping yang lebih serius dan mengindikasi bahwa tubuh anda tidak dapat mentolerir efek obat itu dengan baik.
Segera hubungi dokter jika anda merasakan efek samping menjadi lebih serius/parah dan mengganggu kegiatan beraktivitas anda sehari-hari.Jika anda merasakan perubahan dalam serangan, ruam yang parah, dan reaksi alergi lainnya, segera hubungi dokter anda karena ini bepotensi untuk membahayakan jiwa anda.

Segera hubungi dokter jika anda mengalami efek samping berikut ini:

  • Luka memar atau pendarahan (Unusual bruising or bleeding)
  • Bintik-bintik keunguan pada kulit (Tiny purple spots on the skin)
  • Demam (Unexplained fever)
  • Lepuh atau ruam (Blisters or rash)
  • Gatal-gatal diikuti dengan bintik-bintik merah dan bengkak (Hives)
  • Linglung  (Confusion)
  • Kesulitan bernafas atau menelan (Difficulty breathing or swallowing)
  • Pembengkakan kelenjar (Swollen glands)
  • Depresi (Depression)
  • Keinginan untuk melakukan bunuh diri (Suicidal thoughts)
  • Kulit atau mata menguning (Yellowing of the skin or eyes)

Penyimpanan

Simpan obat ini di kemasan aslinya, tutup dengan rapat dan diluar jangkauan anak-anak. Simpan di dalam suhu ruangan, jauh dari panas  dan lembab (jangan simpan di kamar mandi). Lindungi kapsul extended-release dan obat cair (sirup) dari sinar cahaya. Jangan membekukan obat cair. Buang semua obat yang sudah kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi. Tanya apoteker anda tentang cara membuang obat yang benar.

Saran untuk wanita

Depakene tergolong dalam kategori “D” dari FDA Pregnancy category , yang berarti bahwa Depakene membawa risiko atas janin bayi. Jika anda sedang mengandung,segera hubungi dokter untuk membahas keuntungan dan risiko dari penggunaan Depakene sebelum mengambil keputusan tentang penggunaan obat ini. Wanita yang sedang dalam masa pengobatan and berniat untuk mengandung harus membahas cara pengobatan alternatif lainnya dengan dokter sebelum masa mengandung dimulai.

Informasi lainnya

Depakene tidak sesuai untuk penderita penyakit hati atau penyakit pancreas, jika anda menderita penyakit tersebut, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan dengan Depakene. Penggunaan obat lain bersamaan dengan Depakene dapat menimbulkan efek samping ataupun menambah kemungkinan terjadinya efek samping, diskusikan dengan dokter anda jika anda harus mengkonsumsi obat-obat lain ketika menggunakan Depakene.

Efek samping:

Berat badan betambah, perut tidak nyaman, getar-getar, pendarahan , keracunan hati, rambut rontok, kedut, koordinasi tidak baik, sakit kepala, pusing-pusing, penglihatan kabur ataur berbayang, kantuk .(Weight gain, Upset stomach, Tremor, Altered bleeding time, Liver toxicity, Hair loss, Twitching, Poor coordination, Headaches, Dizziness, Blurred or double vision, Drowsiness)

 

One Response to “Depakene”

  1. assegaf Says:

    anak saya umur 3 tahun 9 bulan tiba2 kejang lalu di cek eeg dan dokter bilang gejala epilepsi
    dia diberi obat :
    1. depakene syrup valproic acid 250mg/5ml
    2. Latropil syrup piracetam 500mg/5ml
    di minum 2 x 1hari dengan dosis 1 sedok takar kecil dari dokter
    dan setelah minum obat ini anak saya jadi kurang lincah dari sebelumnya dan cepat ngantuk tidak seperti biasanya
    jadi tampak lemas terus
    kalo menurut anda baguskah obat ini dan apakah efek samping dari obat ini apa saran anda dari apa yang diderita anak saya dan sampai kapan ini harus kami lalui maaf sebelumnya kami periksa di rumah sakit dan dokter tidak menjelaskan apa2 secara terperinci pada kami ,
    oh ya dan apa yang harus kami perbuat dalam mengasuh anak kami ini dan untuk catatan anak kami ini kembar dan kembarannya tidak terjadi kejang dan tidak pernah kami periksa perlukah??
    terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya , kami yakin kebaikan anda akan selalu dibalas oleh ALLAH SWT
    wassalam,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.