Hidup sepenuhnya dengan epilepsi

Informasi, obat-obatan, riset, opini pakar dan cerita pribadi tentang hidup sepenuhnya bersama epilepsi

Sekilas tentang epilepsi Agustus 30, 2007

Filed under: epilepsi,Info umum — Dailyjoyfulme @ 1:32 am

Apakah itu epilepsi?
Epilepsi adalah kondisi tubuh yang bermula dari kejanggalan fungsi otak. Ini adalah pertanda kalau fungsi otak seseorang terkadang terganggu. Ketika ini terjadi, seseorang akan merasakan kejang-kejang (seizure).

Kebanyakan orang pernah merasakan kejang2 dalam hidup mereka, tapi itu tidak selalu berarti mereka punya epilepsi. Orang yang memiliki epilepsi akan merasakan lebih dari sekali kejang2 yang diawali dari otak.

Bagaimana epilepsi terjadi
Otak adalah struktur yang kompleks, terbuat dari jutaan sel saraf (neurones). Otak mengkontrol banyak tugas, seperti kesadaran, gerakan, dan postur. Otak mengirim dan menerima pesan-pesan sehingga kegiatan2 ini terjadi.

Jika ada kesalahan dalam pengiriman atau penerimaan pesan, beberapa atau bahkan seluruh fungsi otak akan berhenti untuk sementara. Jika itu terjadi, orang akan merasakan kejang2 (seizure).

Penyebab epilepsi
Umumnya epilepsi mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam process kelahiran, luka kepala, strok, tumer otak, alkohol. Kadang epilepsi mungkin juga karena genetik, tapi epilepsi bukan penyakit keturunan. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui.

Berapa orang yang punya epilepsi?
Epilepsi adalah kondisi otak yang paling umum di dunia. Semua orang beresiko mendapat epilepsi. Bahkan, setiap orang punya keresiko satu di dalam 50 untuk mendapat epilepsi. Pengguna narkotik dan peminum alkohol punya resiko lebih tinggi. Pengguna narkotik mungkin mendapat seizure pertama karena menggunakan narkotik, tapi selanjutnya mungkin akan terus mendapat seizure walaupun sudah lepas dari narkotik.

Di Inggris, satu orang diantara 131 orang menyindap epilepsi. Jadi setidaknya 456000 penyindap epilepsi di Inggris.

Konsep yang salah tentang epilepsi
Dari jaman dulu, orang sering punya konsep yang salah tentang epilepsi. Kadang epilepsi dikira kemasukan roh, atau karena masturbasi.

Yang benar adalah

  • Epilepsi itu sangat umum dan bisa didapat siapa saja
  • Epilepsi umumnya bisa dikontrol dengan obat-obatan, tetapi penggunaannya harus jangka panjang.
  • Orang dengan epilepsi bisa hidup dengan normal (Note: di Inggris sekarang ada anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi kalau tuannya akan mendapat serangan. Karena tuannya sekarang bisa mempersiapkan diri sebelum seizure, dia bisa hidup dengan tenang dan hanya bersiap2 kalau sudah diberi kode oleh si anjing)
  • Seringkali epilepsi bisa lebih ringan dan tak perlu lagi tergantung dengan obat-obatan
  • Kalau lagi seizure, itu akan berbahaya bagi orang lain.
  • Umumnya seizure bahkan tak berbahaya bagi orang yang mengalaminya. Jadi jangan panik. ;)

[Sumber: http://www.epilepsynse.org.uk/pages/info/leaflets/explaini.cfm
http://www.bbc.co.uk/health/conditions/epilepsy/aboutepilepsy_index.shtml]

About these ads
 

23 Responses to “Sekilas tentang epilepsi”

  1. tonos Says:

    anak saya baru berumur 3thn pd bln november nanti. dan tengah mengidap epilepsi. sekarang mulai menjalani terapi obat setelah tadi pulang dari rumah sakit. terima kasih

  2. dieta Says:

    Aya pernah melihat orang yang epilepsi..
    orangnya sudah lumayan tua.
    waktu itu say sedang jalan bersama tiga teman saya, tiba2 di depan saya orang itu terjatuh, saya ketakutan sekali, tapi saya tau mungkin dia sedang ayan = epilepsi. karena kejang2.

    yang saya mau tanyakan, apakah air juga menjaaadi salah satu penyebab kumatnya epilepsi..?

    karena dahulu say pernah mendengar, orang epilepsi jatuh karena melihat air..
    kemudian dia kejang2..

    thx

    • Mari Says:

      Hi Dieta,

      Memang orang yang sedang mengalami serangan epilepsi kelihatan menakutkan tetapi sebenarnya mereka sedang membutuhkan pertolongan.

      Serangan bisa terjadi kapan saja, walaupun untuk beberapa orang ada trigger2 khusus misalnya stres. Tapi air bukanlah trigger, kecuali bila dia pernah trauma dengan air.

      Yang paling penting memang menjauhkan mereka dari bahaya seperti genangan air, api, tangga sehingga mereka terhindar dari resiko tenggelam, terbakar ataupun jatuh.

      Kalau mereka sedang makan, bisa pula dibersihkan mulutnya semampunya.

      Jangan masukkan benda apapun ke mulut penderita karena mungkin aan mengakibatkan tersedak.

      Semoga lain kali anda melihat korban, tidak akan ketakutan lagi :D

  3. Rachmani maulidia Says:

    Aslm. Trimakasih bnyak atas pengetahuanya. Ngmong2, epilepsi sama dngan ayan ga? Kalo ada seseorang yg sdang kambuh epilepsinya kita hrus berbuat apa tuk menolongnya? Apa benar,kalo orang sdang kambuh Ayan tdak boleh melihat air tergenang? Trmksh sblmya

    • Mari Says:

      Halo Rachmani,

      Seperti jawaban untuk blogger yang satu lagi nih.

      Serangan bisa terjadi kapan saja, walaupun untuk beberapa orang ada trigger2 khusus misalnya stres. Tapi air bukanlah trigger, kecuali bila dia pernah trauma dengan air.

      Penderita ayan dilarang berenang karena jika kebetulan mereka mendapat serangan ketika berenang, tentu mereka akan tenggelam. Tapi berenang tidak menyebabkan terjadinya serangan.

      Pada saat mendapat serangan, tindakan pertama yang penting adalah menjauhkan mereka dari bahaya seperti genangan air, api, tangga sehingga mereka terhindar dari resiko tenggelam, terbakar ataupun jatuh. Jika mereka sedang duduk, lebih baik dipindahkan ke lantai.

      Jangan masukkan benda apapun ke mulut penderita karena mungkin akan mengakibatkan tersedak.

      Serangan akan berhenti dengan sendirinya.

      Terima kasih atas komennya.

  4. jatnika ck Says:

    Epilepsi keadaan lepas muatan listrik hipersinkron, sel-sel neuron otak, seperti diterangkan diatas seizure
    epilesi partial:
    1)simplex
    2)complex
    3)Evolving to GTC
    generalzed seizure
    1)absence
    2)myoclonic
    3)clonic
    4)tonic
    5)tonic clonic
    6)atnic
    biasanya dokter menggunakan obat-obat seperti ini
    karbamazepin (partial seizure)
    Fenobarbital (tonic clonic)partial
    fenotoin (tonic clonic) partial
    As. valporat (myoclonic)
    Clonazepam (Absence, myoclonic)

  5. Ellen Says:

    security gw pnya get epilepsi gtu!!!!!!!!!!
    ngeri!!!!!!!!!!!!! kjang2 d tngah jln

    • Ben Says:

      wah crem!!!!!!!!!! eh kmu tmen tk aq y???????????// wah sneng lo bs ktemu fb mu pha???????

    • Mari Says:

      wah.. kalau ketemu lagi kasus begitu, tolong dipastikan tidak orang itu ga akan terlindas yah.

      Tak perlu terlalu takut, sesudah serangan, beri saja dia air minum untuk menenangkan.

  6. wanwan Says:

    aku punya sohib akrab yang kena gejala yang sama, trus jadi pengen tau kalo dia kena serangan bentuk/langkah2 penanganan yang kongkrit seperti apa ya ? menit2 pertama serangan dan setelah serangan termasuk hal-2 yang dilarang dilakukan.
    apakah ybs. berbahaya jika mengendarai kendaraan..keluarga nya jadi bingung mau kasih ijin…
    sesuai komentar dari Sdr. Jatnika termasuk jenis apa ya ? epilepsi ybs… pertama serangan diketahui pada saat doi hamil anak pertama, anak kedua pas malem hari tapi yang terakhir nggak pas lagi nggak hamil tuh (tetep malem),terapi apa yang paling pas buat ybs. ?..

  7. ayang Says:

    mikum, mau tanya nih, klo epilepsi bsa sembuh ga ya…….? kponakan saya punya penyakit epilepsi trus juga dia agak idiot, emang epilepsi pengaruh juga sama kejiwaan anak….? biar bisa sembuh harus gmana ya…? trus kta kluarganya harus gmana ngatasinya…?

    • Mari Says:

      Hmm..epilepsi dinyatakan sembuh bila tidak kambuh dalam 2 tahun.

      Kakak saya juga sebenarnya otaknya juga tidak lincah, tetapi tidak idiot. Dia sendiri merasa kalau dia menjadi semakin lamban setelah mendapatkan banyak serangan.

      Jadi, kalau bisa, diusahakan untuk mengontrol serangan agar tidak terjadi. Mungkin bisa ditanyakan ke dia, apa yang dia makan, atau rasakan, atau apa saja yang mungkin menjadi trigger.

      Untuk kakakku, trigernya adalah stres atau marah. Jadi dia sendiri sudah tahu kalau dia harus menjaga emosinya. Sekarang dia rajin berdoa dan serangan sudah jauh berkurang.

      Untuk orang lain, mungkin bisa jadi ada makanan atau kondisi apa yang memicu.

      Jika masih kecil, keluarga bisa membantu membuat catatan harian tentang apa yang dia makan dan aktifitas apa yang dia lakukan setiap hari. Catat juga hari ketika dia mendapat serangan.

      Sesudah beberapa minggu/bulan, tentu bisa dilihat tren-nya. Misalnya: tiap kali ada menu pedas, si anak kok mengalami serangan. Kalau begitu, mungkin bisa menghindari menu pedas.

  8. tina Says:

    anak saya menderita epilepsi petit mal sejak usia 5 th skrg sdh berusia 14 th, n mengkonsumsi depakote 3 x sehari, apakah hal ini akanmengganggu kecerdasan n kesehatan ginjalnya…mengingat harus mengkonsumsi obat setiap hari, dan sampai usia berapa obat bisa di hentikan

    • Mari Says:

      Wah..sudah lama juga ya mengkonsumsi obatnya. Apakah masih terus mengalami serangan?

      Dosis 3x sehari kedengarannya sangat banyak. Mungkin bisa tanya apakah dosisnya bisa dikurangi pelan2.

      Kakakku dulu juga memulai dosis denga 3x sehari, tetapi ketika dia merasa lebih baik dia kurangi dosisnya menjadi 2x sehari dan akhirnya 1x sehari. Dia pernah bereksperimen untuk tidak minum obat sama sekali, tetapi tidak baik (krn dia malah mendapat serangan beruntun).

      Jadi sepertinya bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengurangi dosis, tetapi tidak untuk meninggalkan sama sekali.

      Juga bisa berkonsultasi tentang jenis obatnya karena seringkali ada obat baru yang lebih baik dan lebih aman daripada obat lama.

      Kami pun sempat bertanya tentang pemakaian obat jangka panjang seperti ini. Menurut dokter yang kami datangi, penurunan kecerdasan kebanyakan diakibatkan oleh serangan karena tiap serangan pasti merusak sel-sel otak. Jadi dia bilang lebih baik mengalami ‘relatif lebih kecil’ kerusakan dari obat daripada dari serangan.

      Penderita epilepsi dinyatakan sembuh bila tidak mendapat serangan dalam 2 tahun. Sepertinya jika sudah lewat masa ini, bisa mengurangi/menghentikan obat. Tentu saja, lagi-lagi lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter.

      Sayangnya saya kurang tahu dokter-dokter epilepsi. Mungkin teman2 bisa saling sharing di sini ya….

      • dewi Says:

        dokter epilepsi saya ada di RS Siloam Jakt. namanya dr. Andradi.. bagus n baik perawatannya.
        Kalo di Bdg – RS Boromeus.. namanya dr Lukas. Baik juga.
        Semoga bermanfaat

  9. hijri Says:

    saya menderita epilepsi sejak smp. skrag sy sdh brusia 24th.kata org tua saya penyebabnya krna jatuh dari sepeda. yg ingin saya tnyakn apakh epilepsi yg terjd pd saya itu akibat terbenturnya kepala saya?dan apakah nanti ank2/cucu sy bs terkena epilepsi jg?

    • Mari Says:

      Epilepsi bisa juga terjadi karena kerusakan jaringan otak, jadi mungkin saja karena kepala terbentur. Tetapi apakah terbenturnya sangat keras?

      Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang keadaan kamu.

      Jika memang karena benturan, tentu tidak akan diturunkan ke anak cucu.

      Menurut studi, 90% lebih anak dari wanita berepilepsi terlahir sehat dan normal.

  10. Yanti Says:

    Sepupu saya berumur sekitar 22 thn, dari kecil sampe umur tsb dia tdk pernah epilepsi tp setelah dia melakukan diet tiba2 diumur 22 thn dia kena epilepsi, apakah mgkn?? apakah orang epilepsi bisa hamil???

    • Mari Says:

      Kakak saya juga pertama kali mendapat serangan di masa SMA. Dia sendiri tidak begitu tahu penyebabnya.

      Tetapi menurut mama, setelah dipikirkan kembali, sebenarnya sejak kecil sudah ada tanda-tandanya. Misalnya, waktu kecil ketika hendak menyeberang jalan bersama mama, kakak saya selalu mengatakan dia merasa ‘geli’ di tangannya. Sekarang, sebelum mendapat serangan, kakak saya selalu merasa ‘geli’ seperti ada aliran listrik di tangan.

      Kami menduga, serangannya dipicu oleh ketegangan, mungkin seperti perasaan yang dia rasakan ketika dia harus menyeberangi jalan waktu kecil.

      Dugaan saya, sepupumu mungkin sudah memiliki ‘bibit epilepsi’ yang tiba-tiba terangsang oleh proses diet (mungkin karena stress waktu diet?)

      Mengenai kehamilan

      Menurut literatur yang saya baca, penderita epilepsi boleh hamil. Lebih dari 90% anak yang terlahir normal.

      Tentu saja ada resiko tetapi ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengurangi resiko itu. Misalnya:
      1. Berusaha agar tubuhnya tidak mengalami kejang setidaknya 9 bulan sebelum mengandung karena ada riset yang menunjukkan kalau orang itu tidak kejang selama itu, kemungkinan untuk mengalami serangan selama mengandung pun menurun drastis.

      2. Tetap mengkonsumsi obat anti-serangan tetapi dengan dosis yang minimal dan pilihan obat yang tepat. Untuk ini, wajib untuk berkonsultasi dengan dokter. Obat-obat ini tentu akan mengalir melalui tali pusar ke bayi, tetapi ada obat-obat yang mengalir lebih sedikit dari yang lain.

      Menurut studi, tidak ada bukti bahwa obat-obat ini meningkatkan resiko cacat atau kematian pada bayi.

      3. Jika merokok, harus berhenti merokok.

      4. Mengkonsumsi folic acid (vitamin B9)

      Silakan baca info lengkapnya di link ini http://www.epilepsyfoundation.org/epilepsyusa/news/upload/AANWWEGuidelinesPatientandClinicianSummariesEMBARGOED.pdf.
      Saya akan berusaha menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

  11. Ghea Says:

    Adik sy skrg brumur 8 th. .
    KmariN sy bru mmbwnya ke dokter,dan dy d vonis epilepsi. .
    Sy sngt mrza brzlh,krna 2thn yg llu dy prnh jatuh dan terbentur di meja kaca hngga mejanya pecah,tp sy tdk bgtu mghiraukannya krna sy mlht tdk ada tnda2 bhya gtu. .
    Nmun thn llu,tpatnya paz knaikan klz 2,dy zrng pingzan dan tb2 kjang,nmun kluar air liur dr mulutnya mknya tdk prnh trpkir klw dy trkena epilepsi. . Tp,akhr2 ini kejang2nya lbh sring dan lama jg mulutnya kluar air,mknya sy berinisiatif mmbwnya ke dkter,dan dbri obat dgn dosis 2x sehari. .
    Yg ingn sy tnyakan,jk kita terkena air liurnya saat dia kejang apakah kita jg akan terkena epilepsi?
    Mkzh ats infonya.

    • dewi Says:

      Setahu saya tidak ada hub nya antara kepala terbentur dengan epilepsi.. mungkin si adik memang punya “bibit” dari sono nya.. jd gak perlu merasa bersalah.. yg penting tindak lanjutnya.
      N soal air liur, kalo cuma kena doang dijamin gak bikin ketularan epilepsi.. Gak tau yah kalo keminum.. hehehe, dokter lebih tau..
      Jgn putus harapan yah.. aku pny epilepsi, tp so far aku bisa hidup lumayan normal n pny karir yg baik. Dokterku bilang, usaha in jangan sering2 kejang, takutnya merusak otak.
      Berarti aku usaha in hidupku jauh dr stress.. hehehe, mungkin aku malah lebih beruntung dr banyak orang :o)

  12. Benny Says:

    ingat jgn pernah merasa rendah diri krn kita kena penyakit epilepsi …krn byk tokoh2 hebat yg menderita epilepsi .ini ada situsnya http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_people_with_epilepsy


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.